Cara Oper Gigi Motor Roda Tiga


Bagi Anda yang tertarik membeli motor roda tiga, namun belum pernah mengendarainya, mungkin terlintas pertanyaan: bagaimana cara oper gigi motor roda tiga? 

Motor roda tiga yang berkubikasi 150cc ke atas, lazimnya menggunakan sistem transmisi seperti motor sport, yakni dengan bantuan kopling manual. 

Namun, berbeda dengan motor sport alias motor laki yang mempunyai pola pengoperasian transmisi 1-N-2-3-4-5-6, motor roda tiga menggunakan pola transmisi N-1-2-3-4. Pabrikan yang menggunakan pola transmisi ini adalah Viar dan Kaisar.

Jadi, sistem penggantian persnelingnya mirip dengan motor bebek ya.

Namun, sebagai catatan, untuk motor roda tiga lansiran Nozomi, pengoperan giginya sama dengan motor sport ya, yakni 1-N-2-3-4-5. 


Untuk jelasnya, bisa Anda cermati spesifikasi yang dikeluarkan oleh dealer terdekat di kota Anda.


Posisi tuas gigi mundur (reverse)



Lalu, bagaimana dengan cara atret atau mengaktifkan gigi mundur? 

Berbeda dengan mobil yang posisi gigi mundurnya dioperasikan dari tuas persneling sebagaimana gigi maju, pada motor roda tiga gigi mundur menggunakan tuas tersendiri. Tuasnya berukuran lebih kecil, yang posisinya di belakang-atas tuas transmisi utama. Injak tuas ke depan akan mengaktifkan transmisi utama (maju), dan injak ke belakang untuk mengaktifkan transmisi mundur. 

  

No comments

Powered by Blogger.