Perawatan Gardan Motor Roda Tiga: Viar, Tossa, Nozomi, dan Sejenisnya
Perawatan motor bak roda tiga, bisa dibilang identik dengan sepeda motor biasa yang beroda dua. Hal ini karena motor roda tiga menggunakan mesin yang sejenis dengan motor umumnya, terutama jenis motor laki (sport). Beberapa komponen bodi dan kelistrikan pun sami mawon alias sama saja.
Nah, satu hal khusus yang membedakan keduanya, yakni motor niaga roda tiga mempunyai gardan sebagai penggerak roda belakang. Perawatan gardan dan komponen-komponennya perlu perhatian khusus, apalagi jika motor roda tiga dipakai untuk angkutan berat sehari-hari.
Berikut ini beberapa tips perawatan gardan motor bak roda tiga:
- Rutin mengganti oli gardan. Penggantian oli gardan disarankan tiap dua kali penggantian oli mesin. Jadi, jika oli mesin diganti tiap 3000 km, maka oli gardan diganti tiap 6000 km. Patokan jarak ini tentunya menyesuaikan dengan berat tidaknya medan kerja dan beban yang biasa diangkut oleh motor roda tiga Anda. Untuk pemakaian yang heavy duty alias angkutan beban maksimal, interval penggantian oli gardan bisa dipersingkat menjadi tiap 2500 KM atau 6 bulan sekali (mana yang lebih dulu tercapai). Harga oli gardan cukup terjangkau, kisaran Rp. 60.000 untuk kemasan 1 liter.
- Ketika membawa beban berat, usahakan akselerasi atau nge-gas motor roda tiga secara bertahap. Jangan lakukan secara tiba-tiba, yang akibatnya bisa menimbulkan sentakan pada bagian gardan.
Leave a Comment