Kelemahan Tossa dan Cara Mengatasinya

 Dari hasil survei kecil-kecilan, motor tiga roda berbagai merek yang beredar di Indonesia mempunyai beberapa kelemahan.

Seperti yang saya amati pada motor bak sampah yang sehari-hari digunakan Pak Drajat. Motor tersebut dibeli dalam kondisi baru, sekira dua tahun yang lalu. 

Walau catnya masih tergolong bagus, namun ada beberapa hal yang mulai tampak bermasalah:

- suara mesin yang kasar dan cenderung lamban akselerasinya

- setiap berjalan, terutama ketika kondisi muatan penuh, terdengar jelas derit suara yang sepertinya berasal dari per dan suspensi. 

- bagian understeel tampak mulai berkarat

Jika dianalisis, penyebab beberapa masalah tersebut sebagian besar dari maintenance alias perawatan yang kurang. 

Kendaraan roda tiga biasanya untuk kuda beban, yang digunakan setiap hari. Yang diutamakan adalah fungsinya: asal bisa ngangkut banyak, bisa jalan, nggak perlu repot ke bengkel. Kunjungan ke bengkel paling-paling ketika kendaraan sudah mogok. 

Nah, sebelum terjadi kerusakan yang membutuhkan anggaran lebih besar, ada baiknya para pemilik motor roda tiga mulai memberi perhatian pada kendaraannya. 

Misalnya, ganti oli jangan sampai telat, agar mesin selalu dalam kondisi baik. Jadi, mesin kasar dan bersuara 'menjerit' gedombrangan yang kerap dijumpai pada motor roda tiga, bisa diminimalisir.

Perawatan kaki-kaki juga penting. Apalagi jika motor dipakai angkut barang berat, yang kadang melebihi kapasitasnya. Kondisi per daun diusahakan dirawat kebersihannya, agar tidak mudah berkarat. Suspensi ada baiknya dicek secara berkala, dan kalau perlu diganti olinya atau seal yang sudah aus. 




No comments

Powered by Blogger.

Info modifikasi dan breaking news otomotif otomodify.com

X