Berbagai Merek Ban Untuk Roda Tiga Viar, Tossa, Nozomi, dan Sejenisnya (Lengkap dengan Kisaran Harga)

Apa kabar, juragan? Mudah-mudahan kita semua diberikan rizki yang lancar berkah.

Nah, bagi juragan yang memiliki motor niaga roda tiga untuk mendukung usaha, tentu akrab dengan belanja spare part pendukung kendaraan.

Terutama, untuk spare part fast moving yang kerap minta ganti, sebut saja oli, kampas rem, dan ban. 

Kali ini, admin membahas tentang seluk-beluk si karet bundar alias ban untuk motor niaga sejenis tossa, viar, Kaisar, dan sejenisnya.

Tipe motor niaga tiga roda ini mempunyai jenis ban yang spesifik alias khusus, yang secara teknis dan spesifikasinya mendukung fungsi sebagai kendaraan pengangkut beban. Tipenya adalah ban kendaraan komersial, lebih mirip dengan mobil angkutan sejenis Carry atau Granmax, hanya saja dalam bentuk lebih kecil. 

Diameter ban standar untuk Tossa dan kawan-kawan adalah 12 inci. Ini berlaku untuk ban depan maupun ban belakang. Untuk tipe motor roda tiga yang cukup lawas, tipe ban depan ada yang berdiameter seperti motor sport, yakni 17 inci. Namun model begini sudah cukup langka. 

Mengenai lebar tapak ban, yang kerap diaplikasikan adalah ukuran 4.00 dan 4.50. Lebar di atas ini masih bisa digunakan, seperti ban ring 12 lebar 5.00, yang di pasaran umum disebut ban Carry. Pemilihan lebar tapak ban ini tentu saja bisa agan sesuaikan dengan peruntukan kendaraan niaga anda; untuk pemakaian ringan, pilih tapak yang sempit aja, dengan keuntungan kendaraan lebih ringan angkatannya dan hemat bbm. Untuk pemakaian heavy duty alias angkut beban berat, tapak yang lebar seperti 4.50 atau 5.00 akan lebih mumpuni kinerjanya, serta lebih safety. 

Di pasaran, ada beberapa pilihan produk ban dari sejumlah produsen. Berikut daftar dan penjelasannya. 

1. Ban motor niaga roda tiga Merek Swallow



Pabrikan ban asal Medan ini cukup laris produknya di kalangan juragan pemilik motor niaga roda tiga. 

Popularitas ban Swallow ini ditunjang aspek value for money yang cukup bagus. Yakni, harga dipatok lumayan terjangkau, tanpa mengorbankan kualitas dan durabilitas alias daya tahan. Untuk ban Swallow tipe X-tra Miller ukuran 4.50, dibandrol rata-rata 280 ribu s/d 290 ribu rupiah. 


2. Ban motor niaga lansiran Gadjah Tunggal 

Produk ban dari produsen kawakan ban di tanah air ini berjuluk GT super. Ukuran yang tersedia adalah dengan lebar tapak 5.00. Cocok dipakai oleh mobil angkutan barang yang memakai velg ring 12 seperti Carry, Granmax, Mitsubishi T120, dan tentu saja motor roda tiga tossa dkk. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp. 300 ribu rupiah per satu ban. 


3. Ban motor niaga lansiran Bridgestone

Produsen ban asal Jepang ini melansir berbagai tipe ban untuk bermacam kendaraan. Untuk ban tipe kendaraan komersial dengan diameter ring 12, Bridgestone memproduksi brand Duravis. Biasanya ban ini dipakai untuk pickup sejenis Carry lawas atau Mitsubishi Jetstar. Untuk pemakaian motor roda tiga, pilih yang mempunyai lebar 4.50, yang di pasaran umum harganya kisaran di bawah 300 ribu rupiah.    


4. Unik nih, Ban Tanpa Merk, harga miring

 Di salah satu lapak online, dijual ban ukuran 12 inci 4.50 yang cocok untuk Viar/Tossa, dengan harga cukup miring. Ban kondisi baru dibandrol 190 ribu saja. Penjual memberi deskripsi: #merk pada ban terhapus. Jika Anda berminat, silakan kulik lapak di bawah ini ya...



No comments

Powered by Blogger.