Menanti Kehadiran Sepeda Motor Listrik Produksi United Bike


United telah diakui sebagai produsen sepeda terkemuka di Indonesia. Produk sepedanya mempunyai build quality yang bagus, dan dijual dengan harga yang terjangkau. Lalu bagaimana jika United membuat sepeda motor listrik?
Pertanyaan ini sedikit terjawab jika membuka arsip berita beberapa waktu silam. September tahun lalu, produsen sepeda United memperkenalkan sepeda motor listrik dalam Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.
Andry Dwinanda, Manajer Electric Bike Division United menyatakan bahwa pengembangan motor listrik tersebut telah dilakukan sejak tahun 2018. Sebelumnya, United telah meluncurkan sepeda listrik, dan sepeda motor listrik ini merupakan langkah logis selanjutnya.
Dalam IEMS 2019 tersebut, United memajang dua jenis motor listrik. Pertama, model yang cukup mewah dan menarik perhatian karena sekilas mirip motor PCX, maxi skutik lansiran Honda, diberi nama MG1.
Dengan baterai 72V45Ah dan motor 3rb watt, MG1 diklaim bisa berjalan sejauh 100 km untuk sekali charge, dan mampu meraih kecepatan 100 km/jam.
Adapun tipe kedua, bisa dibilang model entry level, dinamai Type T. Ditenagai mesin 1.800 watt, dengan baterai lithium 60V28Ah, motor ini bisa menempuh 60 km untuk sekali pengecasan. Adapun kecepatannya bisa mencapai 55 km/jam.
Menurut Andry, pemasaran motor listrik besutan United ini akan dimulai dari kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, Medan, dan Makassar. Pertimbangannya, selain potensi pasarnya yang besar, infrastruktur pengisian daya listrik juga dianggap lebih siap. 


Hampir setahun berlalu, bagaimana kabar motor MG1 yang dibandrol 26,9 juta dan Type T yang seharga 15,9 juta?
Melongok website resmi unitedbike.com, kami hanya menemukan display sepeda listrik produksi United. Ada 4 tipe yang dipajang, yakni MILEZ, ESPANA, SALVADOR, dan DRESDEN.
Sebagaimana nama jenisnya yakni sepeda listrik, keempat tipe tersebut tidak mewakili sepeda motor listrik yang pernah diperkenalkan tahun lalu. Lalu, apakah proyek pengembangan sepeda motor listik oleh United ini terhenti?
Kabar selanjutnya akan kami update.

No comments

Powered by Blogger.