Esemka: Setahun Setelah Pabrik Beroperasi, Bagaimana Kabarnya Kini?

Ketika disebut nama Esemka, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengetahui. Namun bagaimana dengan sosok realnya? Sudahkah berlalu lalang di jalanan, setelah peresmian pabriknya di Boyolali 6 September 2019, yang menelan investasi 600 milyar? 



Walaupun sangat populer di masyarakat, namun kami kesulitan untuk mencari berita atau informasi tentang progress produksi dan penjualan Esemka.

Jejak digital hanya menemukan TNI AU yang membeli 35 unit Esemka Bima, yang dipasrahkan tanggal 5 Oktober 2019. 


Selanjutnya adalah pembelian 10 unit Esemka Bima oleh Kementerian Pertahanan RI, tertanggal 15 Oktober 2019. 

Selain dua institusi negara ini, belum ada informasi publik lainnya tentang pemasaran mobil Esemka. 

Memang ada dua lembaga swasta yang diberitakan memesan Esemka, yakni Dewan UKM Indonesia dan BUMDes. Kedua lembaga ini juga ditunjuk menjadi distributor Esemka. Dewan UKM mengklaim telah menerima pesanan 200 unit Esemka, sedangkan BUMDes tidak memberikan angka rinci, hanya mengutarakan pesanan beberapa ratus unit. Akan tetapi, belum kami temukan jejak digital mengenai realisasi pengiriman mobil-mobil yang telah dipesan ini. Kemungkinan, minat publik ini terkendala oleh belum adanya sokongan dari perusahaan pembiayaan, sehingga pembelian harus tunai.



Adapun dari pihak perorangan, tercatat Ignasius Jonan yang mengoleksi satu unit Esemka Bima 1,2. Lewat posting instagramnya tanggal 5 Februari 2020, Jonan menampilkan foto dirinya berlatar belakang satu unit Esemka Pickup. Mobil itu sudah berplat nomor, sehingga diasumsikan sudah dioperasikan di jalan raya.



Dari gambaran kasar jumlah yang terjual itu, tentu jomplang dengan kapasitas produksi PT SMK Boyolali yang diklaim sejumlah 12 ribu unit per tahun. Untuk jenis Bima Pickup saja, pada tahun pertama ditargetkan produksi sebanyak 3.500 unit.

Lalu bagaimana jika masyarakat umum tertarik untuk membeli mobil Esemka? Sudah adakah dealernya?

Pada tanggal 14 Oktober 2019 muncul kabar dari akun instagram esemka_official yang menyatakan bahwa showroom pertama akan dibuka esok harinya di kawasan pabrik Esemka, Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. 

Namun pada hari H, kabar itu ditepis langsung oleh pihak internal Esemka. Dikatakan bahwa berita pembukaan showroom tersebut adalah hoax, dan memang beberapa media yang terjun langsung ke lokasi tidak menemukan aktivitas seperti yang diberitakan.

Lebih parah lagi, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) lewat Humasnya, Sabar Budi, mengkonfirmasi bahwa perusahaannya tidak memiliki akun Instagram resmi. Nah!

Bagi Anda yang ngebet ingin mengumpulkan informasi tentang Esemka, test drive, atau sekalian melakukan pembelian, bisa kontak dengan BUMDes terdekat di lokasi Anda. Sebagaimana diinformasikan di atas, BUMDes bertindak selaku agen distributor Esemka, yang membandrol Esemka Bima Pickup seharga 99 juta rupiah on the road.

Informasi tambahan silakan bisa didiskusikan dalam komentar.

No comments

Powered by Blogger.

Info modifikasi dan breaking news otomotif otomodify.com

X