Bagaimana Jika Bodi Mobil dari Bahan Kayu?

Pada awalnya bodi mobil dahulu dibuat dari kayu. Hal ini karena ketersediaan kayu yang melimpah, mudah pengerjaannya secara handmade, dan bobot dan kekuatannya pun memadai.

Dalam perkembangannya, mobil dibuat dengan bodi berbahan plat logam (alumunium atau baja), dan juga fiberglass dan serat karbon.

Nah, bagaimana jika seorang modifikator membuat ulang bodi mobil lawas dari bahan kayu? Redaksi akan mengambil dua contoh dari dalam dan luar negeri.

 

Pertama adalah mobil klasik full body kayu kreasi Vasily Lazarenko, dari Ukraina. Mobilnya sendiri adalah Opel lansiran 1981 dengan mesin 100 HP.




Tampilan mobil ini cukup unik, dengan setengah atap model convertible (terbuka), dan setengah lagi tertutup. Wah, kasihan penumpangnya nih, kepanasan dan kehujanan, hehe.

Mobil yang bisa berjalan normal ini ditawarkan di eBay seharga 120 ribu dolar AS, atau sekitar 174 juta rupiah.

 

Adapun mobil berbodi kayu lansiran dalam negeri, dibikin oleh Fawaz Salim. Sebagai seorang pengusaha kayu, ia telah membuat beberapa kendaraan dari kayu, seperti Suzuki LJ80 (Jimny Jangkrik), VW 181, dan Vespa.

Jimny Jangkrik milik Fawaz Salim terbuat dari kayu sonokeling, yang bobotnya mencapai 2 ton! Sekitar dua kali lipat dari bobot asli buatan pabrik.



Bahan awal Jimny Jangkrik ini cukup murah, hanya 14 juta rupiah. Namun pembuatan bodi kayunya menelan biaya yang cukup fantastis, mencapai 200 juta rupiah. Hmmm…

Nah, Anda terinspirasi untuk membuat bodi kendaraan dari kayu?

 

Sumber: ukiedaily.com dan otomotifnet.com

 


No comments

Powered by Blogger.

Info modifikasi dan breaking news otomotif otomodify.com

X