Ingin Panen Padi dengan Cepat dan Biaya Hemat: Perkenalkan Quick Combine Harvester QH11


Dalam satu kunjungan admin ke Selakau, suatu daerah pertanian di Kalimantan Barat, kami menemui sebuah mesin yang cukup unik. Mesin tersebut adalah traktor pemanen. Tampak seorang mengoperasikan mesin tersebut, dan ada beberapa orang yang bersiap untuk mengemas gabah hasil panenan pada karung-karung yang telah disiapkan. Kerja mesin pemanen tersebut cukup cepat. Lahan seluas satu hektar bisa dipanen dalam waktu sekitar dua jam.

Dari penelusuran kami, traktor pemanen buatan Quick tersebut bertipe QH-11. Kisaran harga, dari pantauan harga di e-katalog LKPP (https://e-katalog.lkpp.go.id) adalah Rp 84,800 juta.

Nah, bagaimana dengan fitur dan keunggulan dari mesin paddy harvester?

Baca juga: beberapa-tumbuhan-untuk-meningkatkan imunitas

Quick Combine Harvester QH-11 Series, adalah mesin panen padi kombinasi untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan dari hasil panen. Seperti namanya, alat ini merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi. Hasil keluaran berupa gabah dengan tingkat kebersihan mencapai 91,85% dan loses 1,95%.

Panen dengan Harvester QH-11 diklaim lebih cepat dan efisien, dengan menggabungkan tiga proses sekaligus, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi. Ketinggian alat pemotong dapat diatur dengan sistem hidrolik. Didesain dengan sistem pemisahan yang efektif, mesin panen ini mampu memberikan hasil yang bersih dengan loses yang rendah. Pemanenan kini menjadi lebih cepat dan efisien.

quick-truck-alternatif-kendaraan-angkut.html

Ukuran mesin pemanen ini juga cukup kompak. Kemudahan transportasi dan operasional mesin panen ditawarkan melalui dimensi yang pas dan bobot yang ringan. Beratnya 800-an hingga 900 kg, tergantung tipe. Bodi yang ramping membuat Quick QH-11 Series cukup diangkut dengan menggunakan mobil pick up. Pemindahan mesin panen dari lahan ke lahan pun semakin lebih mudah.

Satu kelebihan (atau sewajarnya mesin pemanen) adalah mampu beroperasi di lahan berlumpur. Track Crawler atau rodanya terbuat dari karet dan memiliki lebar 320 mm. Pola unik pada crawler didesain untuk memudahkan mesin panen ini beroperasi di lahan kering, basah, hingga berlumpur.

Kendaraan ini juga memiliki radius putar yang kecil, Quick QH-11 series merupakan mesin panen padi pilihan terbaik untuk pengerjaan sawah yang sempit hingga sedang. Manuvernya yang lincah sangat membantu untuk menjangkau seluruh tanaman dan mengoptimalkan pemanenan.

Adapun pengoperasiannya, diklaim aman dan nyaman. Kursi pengemudi diposisikan di belakang alat untuk memberikan pandangan ideal ke segala arah. Tempat penampungan hasil (gabah) terletak persis di sebelah kursi pengemudi. Tuas-tuas operasional berada di lokasi yang mudah dijangkau pengemudi meski dalam posisi duduk. Transmisinya berjenis kombinasi (Gear-Chain), dengan 3 kecepatan maju dan 1 kecepatan mundur. Daya maksimal 11 HP/2.400 RPM (tipe kecil) dan 15 HP/2.400 RPM (tipe besar). Dengan mesin diesel Kubota 4 langkah berpendingin air, konsumsi BBM-nya adalah 1,7 liter per jam.

Spesifikasi ini sudah cukup mumpuni dan efisien untuk mengerjakan tugas pemanenan sehari-hari.

No comments

Powered by Blogger.