Unik dan Menjadi Bisnis yang Menggiurkan: Gerandong atau Mobil Penggilingan Padi



Di daerah pertanian, usaha penggilingan padi bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Tidak harus mempunyai mesin penggilingan besar, dengan gudang atau bangunan yang dibuat khusus. Anda bisa melirik usaha penggilingan padi mobile, yang perangkatnya sudah banyak dirakit oleh manufaktur atau bengkel lokal. Mobil penggilingan ini lazim disebut gerandong, atau di kawasan Sumatera disebut Mobil Kilang Padi.

Penggilingan mobile ini berupa mesin penggiling padi yang ditenagai oleh mesin diesel. Dua perangkat ini kemudian ditempatkan pada wahana berupa bekas mobil atau motor tiga roda, yang telah dimodifikasi sehingga bisa dijalankan oleh mesin diesel tersebut.

Harga kendaraan penggilingan padi mobile dalam kondisi baru, berkisar 30 juta rupiah. Jika Anda membeli bekas, jika beruntung bisa memperoleh dengan harga 10 sampai dengan 15 juta rupiah dalam kondisi layak pakai.

Mesin penggilingnya sendiri bervariasi jenisnya. Yang harganya cukup mahal adalah versi besar, yang bisa menghasilkan produk sampingan berupa sekam dan dedak. Kapasitas penggilingan bisa mencapai 1 ton per jam. Adapun versi penggiling kecil, biasanya hanya menghasilkan dedak saja. Kapasitas produksi sekitar 3 hingga 4 kuintal per jam.

Selain versi 4 roda dan 3 roda, ada juga versi gerobak. Model gerobak ini musti ditarik oleh kendaraan lain. Harganya cukup terjangkau, yakni 11 juta rupiah.


Jika Anda berminat memesan kendaraan gilingan rakitan ini, bisa menghubungi beberapa bengkel sebagai berikut:



Workshop Totality Machine (CV. Tirta Armaghita), jln Sitirejo, no 4B Rt 8,Rw 3

Temu,Wagir, Malang, Jawatimur, Telp. 0895 3602 26532



Bengkel 99 Surabaya, telp. 0857 4806 3199


No comments

Powered by Blogger.