Geliat Modifikasi Motor Niaga Roda Tiga

Motor roda tiga memang cocok untuk mendukung usaha UMKM. Biaya operasional lebih murah dibanding mobil pick up, dengan daya angkut yang lumayan, menjadikan demand akan motor jenis ini tetap ada.
Buktinya, merek VIAR dan TOSSA yang berkecimpung dalam motor niaga ini masih bisa eksis hingga sekarang. Produknya pun masih bisa dijumpai berseliweran di jalanan, mengangkut barang yang kadang kelihatan overload.
Namun jika Anda tidak puas dengan tawaran dari merek yang sudah eksis ini, Anda bisa merancang motor roda tiga sendiri. Ada beberapa bengkel yang menawarkan proses modifikasi tersebut. Meski tidak terjamin lolos dalam razia (karena motor modifikasi sendiri, tidak punya uji tipe, hehe), namun tak ada salahnya digunakan untuk antar-antar barang jarak dekat.

Berikut beberapa inspirasi hasil modifikasi, beserta kisaran biayanya.



Model modifikasi di atas, dibandrol Rp. 5juta-an. Model sidecar alias sespan, sehingga tidak mengubah bentuk motor bahannya. Model yang klasik seperti ini cocok untuk modifikasi motor lawas seperti Honda Supra series atau Vespa lawas. Kegunaannya lebih dominan untuk angkut manusia, atau lazimnya disebut Betor (BEcak moTOR). 



Ubahan pada motor bebek biru di atas, berupa pencopotan roda belakang, diganti dengan dua roda. Posisi bak ditanam pada separuh jok bagian belakang, tentunya setelah pemasangan rangka tambahan. Sistem penggerak masih tetap berupa rantai,sehingga motor ini tidak mempunyai gigi mundur. Modifikasi yang dibandrol Rp. 4,5 juta ini cocok untuk membawa barang yang tak terlalu banyak, tapi minimal lebih stabil dibanding motor biasa tanpa modifikasi.



Adapun karya yang satu ini, tampil apik dengan kanopi dan kaca depan. Roda belakang menggunakan roda mobil (ring 12), dengan sistem penggerak gardan dan gearbox. Dengan demikian, motor ini bisa mundur alias atret. Rangka dan body menggunakan besi yang cukup tebal, sehingga cukup mumpuni untuk membawa beban berat. Dengan spesifikasi seperti ini, ubahan ini wajar jika dibandrol 10juta rupiah. 

Jika Anda tertarik, bisa kontak langsung dengan bengkelnya:
- BMK Jl Kramat 4, Rawabinong, Lubangbuaya, Cipayung, Jaktim

No comments

Powered by Blogger.